Algoritma Google Penguin

Algoritma Google Penguin

Algoritma google penguin

Algoritma google penguin - Pada tanggal 24 April 2014, google mengumumkan pembaharuan algoritma google terbaru yang diberi nama penguin. Tujuan dari update algoritma google penguin adalah menyisihkan webspam. Hasil yang didapat ternyata banyak situs yang hilang dipencarian google yang disebabkan pengaruh update algoritma google terbaru penguin.
Sebelum adanya update algoritma google terbaru penguin, banyak situs yang memperoleh top one google dengan cara membangun link building yang salah. Itu artinya mereka termasuk kedalaman aktifitas webspam.
Membangun link building yang salah merupakan cara yang tidak dibenarkan dalam algoritma google penguin. Cara yang dilakukan webspam adalah dengan membangun link eksternal yang tidak terkait dengan konten.

Apa itu algoritma google penguin?

Algoritma google penguin adalah kode nama yang diberikan google untuk algoritma google terbaru yang dirilis pada tanggal 24 april 2014.
Algoritma google penguin baru diresmikan menjadi algoritma inti pada bulan September 2016. Dengan begitu, algoritma google penguin akan selalu diperbarui secara berkala.
Algoritma google penguin bertujuan menyisihkan situs yang melakukan cara yang termasuk ke dalam kategori webspam.
Webspam dilakukan dengan cara membangun link building yang salah. Praktek seperti itu bersifat manifulasi link yang bisa mendongkrak peringkat website di google secara ilegal.

Cara menghadapi algoritma google penguin

Setelah kita meengetahui cara kerja algoritma google penguin tentu kita tahu bagaimana cara menghadapi algoritma google penguin.
Sebetulnya mudah saja yaitu dengan membanguj konten yang berkualitas. Tetapi itu tidak cukup karena situs juga membutuhkan link sebagai sinyal ke algoritma google.

Berikut adalah cara menghadapi algoritma google penguin sebagai berikut :


  1. Membangun link building yang benar. Membangun link building yang benar akan memberikan sinyal positif kepada algoritma google. Sinyal positif tersebut akan memberikan thrust kepada google yang akhirnya mendapat peringkat website di google. Link building yang benar dibangun atas kesukarelaan saling memberikan link yang sesuai kontekstual. Yang tak kalah penting adalah membangun link internal. Link internal adalah link yang saling menghubungkan antar artikel didalam situs.
  2. Hindari link building yang salah. Membangun link building yang salah akan dianggap webspam oleh algoritma google penguin. 
  3. Konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas merupakan konten yang mampu membahas secara tuntas keywords yang ditargetkan. Selain itu, konten berkualitas berdiri karena link internal yang saling terhubung antar keywords.

Ciri membangun link building yang salah adalah sebagai berikut :

  • Tidak saling berkaitan antar konten. Itu artinya situs a membahas teknologi tetapi membangun link dengan situs makanan.
  • PBN. Privat Blogging Network seperti link yang dibangun dengan situs yanh sudah tidak aktif lagi atau dikenal dengan istilah zombie.
  • Content placement. Content placement itu seperti pertukaran link antar situs tetapi itu akan mengurangi kepercayaan google saja.
  • Membeli backlink. Google sendiri sudah menjelaskan bahwa jangan jual beli backling. Bila diketahui maka akan tersisih dalam pencarian google.


Update algoritma google terbaru pigeon memberikan angin segar untuk blogger pemula yang dibangun atas kualitas.

Untuk mendapatkan peringkat yang bagus di google harus dibangun dengan link buildung yang benar. Tingkatkan kualitas konten.



Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: