Cara Kerja Algoritma Google Penelusuran dan Ranking Website

Cara Kerja Algoritma Google Penelusuran dan Ranking Website

Algoritma google

Algoritma Google - Google sebagai mesin penelusuran memiliki sistem canggih yang terhimpun dalam algoritma google. Kemampuan google penelusuran dalam meranking website masih menjadi misteri banyak orang. Meskipun begitu, google selalu memberitahukan ke publik ketika melakukan pembaharuan algoritma google. Mari kita pelajari cara kerja algoritma google penelusuran dan ranking website dalam pencarian.
Seringkali kita mendengar press release google tentang update algoritma google. Mulai dari Hummingbird, pigeon, panda sampai algoritma google terbaru 2019. Tujuan update algoritma google adalah untuk selalu memperbaiki hasil penelusuran. Meskipun kiya tahu juga bahwa tiap hari google selalu memperbaharui algoritma penelusuran google.
Ada yang menarik ketika google meluncurkan algoritma google terbaru Akan ada yang terkena dampak pembaharuan algoritma google mulai dari menurun peringkat sampai tersisih dari pencarian.
Sebetulnya, bagaimana cara kerja google penelusuran dalam meranking website dalam pencarian google?

Berikut adalah cara kerja google penelusuran dalam meranking website :

Menterjemahkan Kueri

Yang pertama kali dipecahkan oleh algoritma google adalah menterjemahkan kueri. Google mengambil kueri dan persamaan kueri berdasarkan sistem bahasa google.
Algoritma google akan menterjemahkan kueri sehingga diketahui makna mendalam tentang sebuah kueri yang dihubungkan dengan bahasa lokal.
Sebagai contoh kata football, jika yang mencari dari wilayah Inggris maka akan menemukan artikel terkait dengan sepakbola Liga Inggris. Namun akan berbeda jika yang mencari berasal dari Amerika maka hasilnya bukan tentang sepakbola yang umum kita ketahui.
Contoh kecil tersebut menggambarkan betapa canggihnya algoritma google dalam menterjemahkan makna kueri apalagi dalam kueri yang kompleks.
Tidak hanha sampai pada menterjemahkan kueri atau keywords tetapi algoritma google akan mengelompokannya pada kategori keywords. Kategori tersebut akan menggambarkan ulasan, informasi terkini, gambar atau video.

Mencocokan Halaman Yang terindeks

Setelah algoritma google menentukan kategori keywords maka langkah selanjutnya adalah mencocokkan dengan halaman yang terindeks.
Algoritma google penelusuran akan mencari halaman yang sudah tierindeks. Pencocokan tersebut akan menghasilkan konten yang paling relevan buat anda.
Algoritma google akan menseleksi keywords dengan halaman yang akan ditampilkan. Yang pertama kali diselekai adalah judul halaman apakah mengandung keyworda dan diletakkan dimana saja keywords tersebut. Halaman artikel yang mengulangi berkali-kali keywords tidak akan mendapatkan ranking dipenelusuran google.

Memberikan peringkat penelusuran

Langkah berikutnya algoritma google akan memberikan peringkat penelusuran. Ada beberapa faktor peringkat yang diberikan google penelusuran seperti nilai manfaat, kerapatan keywords, halaman terbaru dan kualitas halaman.
Kualitas halaman didapat google dari sinyal yang diberikan tautan dari situs ternama ke halaman tersebut. Jika ada tautan eksternal yang mengarah ke halaman tersebut maka algoritma google akan memberikan peringkat ke halaman. Tentu saja tautan eksternal harus relevan.
Tautan eksternal seringkali dijadikan celah oleh beberapa orang untuk memanipulasi mesin pencarian. Contoh yang kerap terjadi adalah jual beli backling. Alasannya jelas untuk memberikan seolah-olah tautan eksternal yang berkualitas.
Namun google memiliki algoritma canggih yag bisa mengenali jenis tautan eksternal. Itulah bahayanya jika bermain curang bisa mengakibatkan hilang dari index google.

Kontekstual

Dala beberapa kasus, google akan menampilkan kontektual sebuah pencarian. Itu artinya jika anda selesai mencari keywords ayam petelur maka ketika anda mencari keywords petelur maka akan diperlihatkan tentang ayam petelur.
Selain itu, google juga akan mempertimbangkan chace, histori dan lokasi.
Pantesan ya dibagian bawah chrome suka mendapati dimana posisi kita berada. Rupanya hal tersebut untuk memberikan hasil penelusuran yang paling relevan

Menayangkan hasil terbaik

Setelah melewati semua sistem penelusuran google maka saatnya menayangkan hasil terbaik. Untuk menayangkan hasil terbaik sepertinya algoritma google membaca secara keseluruhan.
Tentu saja hasil terbaik yang ditayangkan sudah melewati serangkaian ujian algoritma google.
Pening euy kepala saya kalau sudah berbicara algoritma google.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: