Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca

Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca

Artikel ini ditujukan untuk blogger yang fokus menghasilkan uang dari blog. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai adalah cara menulis artikel yang seo friendly. Lebih dari itu, sebuah artikel harus menarik untuk dibaca. Berikut adalah cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca.
Sebagai blogger pemula, menulis artikel yang menarik untuk dibaca adalah PR tersendiri. Permasalahan utama adalah menterjamahkan ide dalam kepala ke dalam artikel. Saya menduga permasalahan tersebut dilatar belakangi ketidak sinkronan antara kebutuhan artikel yang seo friendly dan yang menarik untuk dibaca.
Sebetulnya, artikel yang seo friendly atau artikel yang menarik untuk dibaca tidak ada perbedaan sama sekali. Hal tersebut karena komposisi artikel yang seo friendly pun hanya membutuhkan kira-kira 10-15% dari keseluruhan artikel. Dan selebihnya untuk human yang menarik.
Berikut adalah cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca yaitu :
1. Tentukan topik artikel
Tentukan topik artikel yang akan dibahas agar penulisan tidak ngelantur kemana-mana. Untuk bisa menemukan topik artikel yang sedang dibanyak dicari orang.
Untuk bisa menemukan topik artikel yang sedang banyak dicari orang bisa menggunakan google trends. Yang populer lainnya adalah tools riset keywords ubersuggest.
2. Kumpulkan bahan bacaan.
Kumpulkan bahan bacaan yang terkait dengam topik artikel bahasan. Hal tersebut bertujuan untuk memperkaya bahasan artikel.
Bahan bacaan bisa bersumber dari internet maupun buku. Banyak banget sumber bahan bacaan yang bisa dijadikan referensi.
3. Mulai menentukan judul
Mulai menentukan judul dengan mencakup topik bahasan. Judul haru semenarik mungkin dengan mengunggah minat untuk dibaca.
Judul adalah yang pertamakali ditemukan calon pembaca di pencarian google.
Buat judul jangan terlalu panjang jangan pula pendek minimal 5 kata. Judul dibutuhkan untuk pembaca juga googlebot.
4. Mulai penulisan
Mulai penulisan artikel dengan paragraf pertama yang berisi gambaran umum bahasan artikel.
Penulisan pada paragraf berikutnya mengalir seolah-olah sedang berbicara dengan teman. Hal tersebut dimaksudkan agar menghindari penumpukan kata yang sama.
5. Subtopik
Subtopik merupakan bagian dari topik utama bahasan artikel. Subtopik biasanya dibuat sebagai subheading sehingga kebutuhan seo dan pembaca dapat terpenuhi.
Subtopik yang baik akan mempermudah pembaca mencerna isi artikel.
6. Kesimpulan
Kesimpulan adalah rangkuman isi artikel secara keseluruhan.
Gunakan poin per poin agar pembaca mudah mengingat apa isi bahasan artikel.

Menulis artikel yang menarik untuk dibaca perlu latihan terus menerus untuk menemukan pola tulisan sendiri.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: